Laman

Saturday, February 14, 2015

Mau Lolos FGD? Ini Tips dan Triknya

Sumber: selolong.wordpress.com

Hampir semua perusahaan atau institusi yang menggelar rekrutmen melalui jalur-jalur bergengsi untuk akselerasi karir seperti MT (Management Trainee) atau ODP (Officer Development Program), dan mungkin beberapa perusahaan memiliki "nama" rekrutmennya sendiri, di salah satu tahapannya biasanya terselip sebuah tahap yang bernama FGD (Focus Group Discussion) atau LGD (Leaderless Group Discussion). Aku tertarik untuk menulis artikel mengenai tes ini karena sangat sulit rasanya menemukan artikel, website, atau blog yang mengupas secara mendalam apa saja tips dan trik untuk lolos tahapan FGD.



Bagi kalian yang belum pernah sama sekali mengikuti FGD, aku akan kasih gambaran singkat mengenai apa sih sebenarnya FGD itu dan apa aja kira-kira yang menjadi poin penilaian dari proses diskusi tersebut. Baiklah, based on my experience yang telah mengikuti 5 kali FGD di 5 perusahaan yang berbeda (diantaranya adalah Danone dan OJK), FGD adalah sebuah tes yang mengelompokkan peserta seleksi atau rekrutmen ke dalam beberapa kelompok kecil yang berisikan 5 - 10 orang. Masing-masing peserta dalam diskusi itu biasanya diberi sebuah bacaan dan sebuah kertas kosong yang mana sebelum diskusi dimulai paling tidak selama 10 - 20 menit peserta diminta untuk membaca bacaan tersebut dan menuliskan poin-poin, ide-ide, dan solusinya terhadap masalah yang dihadapi perusahaan dalam bacaan tsb.  Di dalam setiap FGD terdapat satu orang atau beberapa pengawas yang berperan mengawasi dan menilai jalannya diskusi. Biasanya pengawas tersebut meminta untuk menganggapnya tidak ada dalam diskusi tersebut.

Apa saja yang dinilai dalam FGD? Sejujurnya saya tidak berani menjamin bahwa yang saya tulis mengenai poin penilaian FGD ini 100% benar bin akurat karena aku belum pernah sama sekali, Ya! Belum pernah sekalipun menjadi juri atau pengawas dalam FGD hehehe. Morover, mengingat latar belakang pendidikanku yang tidak berbau psikologi dan tidak berhubungan dengan ilmu ke-HRD-an, jadi lagi-lagi aku nggak njamin kalau ini 100% akurat. Wokeeee, langsung saja ya ke poin-poin penilaian yang kira-kira -tolong digarisbawahi- KIRA-KIRA menjadi pertimbangan para pengawas untuk meloloskan peserta dari tahap FGD.

Pertama,
Inisiatif. Peserta yang memiliki inisiatif dalam membuka diskusi, memberikan solusi, dan mengingatkan masalah waktu, biasanya akan mendapat poin lebih dari pengawas. Adanya inisiatif juga menunjukkan bahwa peserta memiliki leadership dan confidence yang baik.

Kedua,
Ide atau solusi yang ditawarkan. Untuk membuat ide dan solusimu dinilai secara komprehensif oleh pengawas maka jangan sekali-sekali meremehkan kertas kosong yang diberikan kepada kita para peserta sebelum diskusi dimulai. Tuangkan dalam kertas tsb poin-poin mengenai situasi dan masalah yang sedang dihadapi perusahaan, ditambah juga ide dan solusimu terhadap masalah tersebut. Semakin kreatif dan relevan ide dan solusimu, anda boleh berharap untuk mendapat nilai lebih di mata pengawas.

Ketiga,
Penyampaian ide dan solusi dalam diskusi. Nah ini, pengawas juga akan melihat bagaimana kita menyampaikan ide dan solusi kita dalam proses diskusi. Jika anda terlalu memaksakan kehendak biasanya akan mengurangi nilai anda. Begitu pula jika anda kurang jelas dalam menyampaikan ide atau mungkin kurang percaya diri. Usahakan proporsional dalam menyampaikan ide, tapi tetap terlihat meyakinkan. Jika ada tools seperti papan tulis akan sangat baik jika anda dapat memanfaatkannya untuk mempresentasikan ide anda kepada peserta lain.

Keempat,
Kemampuan mengarahkan diskusi. Jujur ini bagian tersulit dalam sebuah FGD. Dalam satu kelompok terdapat 5 atau 10 orang yang pastinya memiliki 5 atau 10 ide yang berbeda. Kalau anda berhasil melakukan poin keempat ini, asal bukan dengan cara memaksakan kehendak atau melalui cara-cara yang menyebalkan, saya jamin anda akan melangkah ke tahap setelah FGD. Tapi jika anda tidak dapat melakukannya, jangan kemudian berkecil hati. Masih banyak poin lain yang dijadikan pertimbangan. Hehehe.

Kelima,
Kepedulian. Kalau memang di dalam diskusi sangat tidak memungkinkan untuk melakukan poin keempat karena ada salah satu orang atau beberapa dari peserta diskusi yang sangat mendominasi dalam FGD, maka anda dapat melakukan poin kelima ini yang relatif lebih mudah, yakni peduli dengan peserta lain yang mungkin terlihat tidak terlalu aktif atau belum menyampaikan pendapatnya.

Melihat poin-poin penilaian di atas kira-kira apa saja yang harus kita lakukan atau persiapkan? Nah ini masuk ke bagian tips dan trik.

TIPS DAN TRIK LOLOS FGD

1. Tulis secara concise (singkat, padat, jelas) mengenai poin-poin situasi dan masalah yang kamu temukan di dalam bacaan. Jadi biasanya kan bacaan itu buanyaaaak ya, dan masalahnya terlihat rumit. Nah, supaya kamu nggak pusing-pusing amat ringkaslah bacaan tsb dalam sebuah poin-poin. Biasanya saya menulis di dalam kertas kosong itu seperti di bawah ini

IDENTIFIKASI SITUASI DAN MASALAH
a. .......
b. .......
c. .......

Setelah itu baru kamu coba untuk menulis poin-poin dari ide dan solusimu terhadap masalah-masalah di atas.

SOLUSI TERHADAP PERMASALAHAN
a. .......
b. .......
c. .......

Ingat, solusi sebisa mungkin cerdas, kreatif, out of the box, unik tapi tetap relevan dengan situasi yang ada. Jangan kemudian terlalu muluk-muluk sehingga tidak feasible dan terlihat sulit dalam tataran implementasinya. Jangan terlalu panjang juga nulis di kertas kosong. Di kertas itu hanyalah rangkuman dari segudang ide dan solusi yang kamu miliki. Baru nanti ketika proses diskusi sudah dimulai silahkan elaborate sebaik-baiknya.

2. Kalau memang anda inisiator yang baik, coba buka diskusi tersebut karena ini akan menambah poin inisiatif. Tapi jika anda adalah tipe orang yang wait and see jangan khawatir, karena poin inisiatif masih banyak kok. Misal ketika jalannya diskusi mulai tidak fokus anda bisa ingatkan lagi teman-teman anda untuk back to the topic. Atau mungkin ada dari mereka yang berdebat berkepanjangan anda bisa mencarikan win-win solution untuk mereka. Kadang juga ada peserta yang bertele-tele dalam menjelaskan pendapatnya, anda dapat mengingatkannya. Kalau anda melihat ada peserta yang kurang aktif, anda juga bisa membangkitkan rasa percaya dirinya. Dan masih banyak lagi. Pokoknya be active sajalah maka anda akan dengan mudah melakukan inisiatif.

3. Sampaikan pendapat dengan bertanya. Hehehe. Inilah tips paling ampuh dalam setiap diskusi yang pernah aku jalani. Kenapa? Karena dengan melakukannya aku menjadi berbeda dengan peserta yang lain. Mostly, peserta menyampaikan pendapatnya dengan statement "menurut saya, bla bla bla," atau "dalam pandangan saya sebaiknya, bla bla bla." Tapi kalau aku menyanpaikan pendapatku dengan bertanya, "bagaimana menurut teman-teman, kalau bla bla bla." Nah, dapet kan poinnya? Hehehe. Kalau anda melakukannya anda bisa mendapatkan beberapa poin sekaligus yakni yang pertama kepedulian karena melalui pertanyaan seperti itu anda tidak terkesan egois. Berbeda jika menggunakan "menurut saya, dalam pandangan saya, saya pikir sebaiknya." Kemudian poin yang kedua yakni kemampuan mengarahkan diskusi karena dari pertanyaan itu juga dapat membuat peserta yang lain memperhatikan anda.  Lewat pertanyaan itu, hampir bisa dipastikan akan langsung ada yang menanggapi atau bahkan menyanggah pendapat anda. Yang terakhir anda juga akan dapat poin plus karena mampu menyampaikan pendapat secara elegan.

4. Debatlah rekan anda yang tidak sepandangan dengan anda secara elegan. Kalau bisa malah apresiasi dulu pendapatnya, misalkan dengan kata-kata "Saya melihat pendapat saudara X ini merupakan pendapat yang brilian, hanya saja bla bla bla." Kemudian jangan pernah sekalipun anda terlihat emosi atau meledak-ledak. Sampaikan sanggahan anda secara smart dan komprehensif. Tunjukkan bahwa pendapat dia baik tapi pendapat anda lebih baik. Got it?

5. Jika waktu diskusi sudah hampir habis, ingatkan pada seluruh peserta. Kalau memang pada saat itu masih belum menemukan sebuah solusi bersama yang kongkrit maka ingatkan kembali teman-teman anda untuk mencapai kata sepakat. Arahkan mereka pada sebuah kesimpulan. Tidak harus anda yang menyimpulkan, tapi dengan anda mengingatkan teman-teman untuk membuat kesimpulan sudah menjadi poin plus untuk anda.

6. Be confident, smart, dan meyakinkan. Untuk dapat melakukannya, anda harus berpenampilan sebaik mungkin. Anda juga harus memiliki wawasan yang luas dengan memperbanyak bacaan mengenai perusahaan dan masalah apa yang sedang di hadapi perusahaan saat ini. Dari situ anda juga bisa mulai memikirkan apa kira-kira masalah yang diangkat dalam FGD dan solusi apa yang dapat anda tawarkan sehingga dalam FGD anda terlihat smart dan menyakinkan.

7. Jangan terlalu mudah terbawa arus tapi jangan juga terlalu kaku alias terlalu kukuh pada pendapat dan pendirian anda. Jika anda di debat usahakan jangan langsung mengiyakan. Kalau begitu caranya anda akan dicap oleh pengawas sebagai orang yang kurang teguh pendirian dan mudah terbawa arus. Upayakan sebaik mungkin agar pendapat anda juga diterima oleh forum. Tapi jika setelah 2 atau 3 kali anda menjelaskan pada forum ternyata pendapat anda tidak mereka terima maka hargailah pendapat yang diterima oleh forum. Jangan sampai ketika akhir diskusi anda menyatakan bahwa pendapat anda yang paling benar sementara mayoritas peserta diskusi tidak sependapat dengan anda.

8. Berdoa. Hehe. Jangan sampai ketinggalan soal yang satu ini. Kadang kita terlalu pede, merasa bisa, merasa sudah ngerti banget tips tips di atas, tapi lupa banyakin doa. Yakinlah bahwa segala sesuatunya Allah SWT yang akan menentukan. Termasuk lolos tidaknya kita dalam tahap FGD. Jadi usaha iya, doa juga jangan lupa ya.

Yups. Mungkin inilah artikel singkat mengenai tips dan trik lolos tes FGD.  Saya mohon maaf jika artikel ini masih kurang komprehensif dalam mengulas bagaimana cara kita untuk mudah lolos pada tes FGD. Namun saya berharap artikel ini dapat membantu teman-teman yang masih buta mengenai FGD, ataupun sering mengalami kegagalan dalam tes FGD.

Saya akan sangat senang jika ada dari para pembaca yang budiman ikut memberikan saran dan kritik yang konstruktif pada artikel ini. Anda dapat menghubungi dan mengontak saya via:
Email: mohammadvitrho@yahoo.com
Twitter: @MVitrho
Facebook: Mohammad Vitrho
Line: mohammadvito


170 comments:

  1. kerenn vit .... bermanfaat banget ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih putri. Hehe. Ini ide nulisnya ya dari ngobrol bareng kamu lho waktu itu. Makasih banget

      Delete
    2. Mas boleh minta wa atau pin nya ? Saya mau bertanya lebih lanjut mengenai fgd . Msh blm pede menghadapi tes fgd

      Delete
  2. Artikelnya bagus mas. Meskipun dr pengalaman pribadi tp terlihat relevan. Tips dan triknya dong yg tahapan seleksi OJK mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Makasi dek Fae.
      Tips dan triknya salah satunya ini dek untuk yang FGD. Kalo yang interview dan psikotes ada di artikel yang lain tapi masih dalam blog ini kok. Judulnya doa paling maknyus itu. Trus kalo overall perjalananku nembus OJK uda aku tulis di artikel yang Perjalanan Tak Terungkap oleh Kata itu. Kalau masih ada yang kurang jelas boleh langsung japri aku lewat line, whats app atau BBM.

      Delete
  3. baru sekali ikut fgd tp kmudian jadi ngerasa gak pede utk ikut tes dg adanya fgd di proses rekrutmennya tapi terima kasih udah sharing, bermanfaat bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Putri Hasanah. Alhamdulillah kalau memang bisa bermanfaat. Semoga mbak Putri bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan ya. Kalau untuk masalah pede jangan kuatir, kadang memang kita perlu jam terbang untuk bisa pede. Satu kali gagal, dua kali gagal, nggak jadi masalah karena itu bisa menambah jam terbang kita. Tetep semangat mbak Putri

      Delete
    2. iya terima kasih, yakin in shaa Allah rezeki kita udah ada porsinya masing2, ngepoin isi blognya wah in shaa Allah bermanfaat. Tetep sharing pengalamannya ya mas

      Delete
    3. Bener banget. Allah memang udah menetapkan porsi kita untuk rezeki. Tugas kita adalah berikhitiar untuk mencari porsi kita.

      Insya Allah saya usahakan untuk bisa sharing segala sesuatu yang bermanfaat. Terimakasih sebelumnya mbak Putri Hasanah.

      Delete
    4. Hay ka, aku sintha. Aku ikut tes semen Indonesia nah baru dikasih tau h-1 kalo ada tes FGD. Persiapan apa yg bisa disiapkan ya? Mohon saran temen2 sekalian :)

      Delete
    5. Semen indo lp3t ini kah.. di unair

      Delete
    6. Semen indo lp3t ini kah.. di unair

      Delete
  4. Artikel mas sangat bagus dan membantu, tapi bagaimana menurut mas vitrho tentang fgd yang di lepas dan di biarkan saja oleh penguji, apakah kita sebagai pesrta boleh mengambil alih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot Mas Rendy. Mengambil alih menurut saya istilah yang kurang pas ya. Kalau saya lebih sreg dengan istilah mengambil peran atau berkontribusi dalam diskusi. Peran yang kita mainkan apa? Bisa menjadi moderator, atau mungkin timer (pengingat waktu, karena biasanya dibatasi waktu diskusinya). Namun sekali lagi, jika memang sudah ada yang mengambil pernan tersebut, maksimalkan dengan peran-peran yang lain yang bisa menghangatkan dan mengkondusifkan jalannya diskusi tersebut.

      Delete
  5. Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua. Thanks artikelnya.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih kaaa postingannya. Aku bnr2 awam nih ttg FGD atau LGD makanya nervous bgt, huhu tp skrg sdh ada gambaran harus gimana nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Sama-sama mbak Rika. Saya senang jika blog saya yang sederhana ini bisa sedikit membantu Mbak Rika. Good luck untuk LGD-nya. Semoga Allah senantiasa memberikan yang terbaik untuk Mbak Rika

      Delete
    2. Aamiin Ya Allah, thankyou yaaa kak!

      Delete
  7. Blog yg bagus. Terima kasih saran nya...

    ReplyDelete
  8. Blog yg bagus. Terima kasih saran nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Aswin Bahar. Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar positif di blog saya. Semoga bermanfaat.

      Delete
  9. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mas Khalis Nauval. Senang sekali rasanya jika blog dan artikel saya yang sederhana ini dapat bermanfaat buat mas dan teman-teman pembaca. Terimakasih juga telah berkunjung dan berkomentar

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Saya baru mau cari info FGD dan ketemu blog ini. Terimakasih banyak infonyaaa...
    Semoga bisa jadi senjata nanti waktu FGD BNI Syariah huhu

    ReplyDelete
  12. Saya baru mau cari info FGD dan ketemu blog ini. Terimakasih banyak infonyaaa...
    Semoga bisa jadi senjata nanti waktu FGD BNI Syariah huhu

    ReplyDelete
  13. Hai mbak Rizki Fatmala. Terimakasih sebelumnya telah berkunjung dan berkomentar di blog saya yang sederhana.

    Amin amin ya Rabb. Semoga mbak diberikan yang terbaik ya di seleksi BNI Syariah. Saya ikut mendoakan. Good luck mbak Rizki Fatmala

    ReplyDelete
  14. Bagus banget artikel x. Kebetulan sy ingin persiapkan diri untuk tes beasiswa lpdp yg ada tes ini...sy fitri mahasiswa unm makassar...mohon bantuan x untuk bisa lulus tes ini... Apa bisa minta pin bbm x... Ini email sy fitrianikahar555@Gmail.com...mungkin bs berbagi..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai fitriani. Salam kenal. Terimakasih sebelumnya sudah berkunjung dan berkomentar positif di blog saya yang sederhana.

      Wah! Mantab. Semoga artikel saya yang simpel ini bisa sedikit membantu mbak Fitriani nantinya waktu FGD. Untuk japri bisa lewat line aja ya atau lewat email yang uda aku sebutin di atas. Terimakasih sekali lagi.

      Delete
  15. Makasih Tips dan Trik nya Mas, mudah mudahan bisa saya terapkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Sama-sama Andhita, mudah-mudahan bermanfaat ya.

      Delete
  16. Makasihhh post nya .. Mdh2 an bisa jd bekal buat test fgd hari ini u/ test ojk .. Mndpt nilai plus untuk tahap berikutnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Good luck ya Devi Afrina. PKWT di satker mana nih? semoga bisa lulus ya tesnya dan diangkat sebagai pegawai tetap OJK. Amin.

      Delete
  17. Terimkasih sudah berbagi ilmu.
    Saya ingin bertanya bukankah dalam setiap kelompok memiliki level pengetahuan yg berbeda.
    kalo seandainya kita memiliki pengetahuan yg pas2an tetapi pada saat itu kita masuk dalam kelompok yg berisikan orang2 cerdas apakah itu akan memperkecil peluang kita untk lulus ke tahap berikutnya? dan bagaimana saran anda untuk orang2 yg seandainya berada dalam kondisi seperti itu. Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Fathur Rohman. Sebelumnya saya juga berterimakasih banyak Mas Fathur Rohman sudah berkenan berkunjung di blog saya dan melontarkan pertanyaan yang brilian! Hehe

      Begini mas, menurut saya cerdas atau tidaknya kita dalam sebuah diskusi bisa dilihat dari cara penyampaian dan isi yang disampaikan. Even secara IQ seseorang mungkin tidak lebih tinggi dari orang lain, tapi karena dia biasa berdiskusi, biasa berbicara di depan umum, biasa untuk berinteraksi dengan banyak orang, biasanya sih secara kemampuan menyampaikan dan apa yang disampaikan akan lebih baik dari pada mereka yang IQ-nya tinggi tapi jarang berdiskusi, jarang jadi public speaker, dan jarang berinteraksi dengan orang lain.

      So, kuncinya sederhana sebenarnya untuk memperbesar peluang kita untuk lolos dari FGD. Jadilah seseorang yang baik dalam menyampaikan dan menanggapi pendapat. "Baik" di sini sudah saya jabarkan dalam artikel saya kan? Hehe.

      Mohon maaf sebelumnya baru sempat membalas pertanyaan dari Mas Fathur Rohman.

      Delete
    2. Terimasih atas pertanyaan yg brilian da Saran saran yg luar biasa dari sodara sodaraku.

      Mudah mudahan saya lulus fgd.
      Amin.

      Delete
  18. sangat bermanfaat bagi saya... dan pas banget besok gwe tes ini, dan belum pernah sama sekali tes beginian, jadi deg deg an, soalnya kita di wajaibkan untuk berbicara,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Sukses terus ya buat Mas Kurnea Romadhon.

      Delete
  19. Terima kasih gan,,,
    Artikel ini sangat membantu,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Saya ikut senang jika artikel saya yang sederhana dapat bermanfaat untuk Mas Idham Habibi.

      Saya juga berterima kasih banyak ya buat Mas Idham Habibi yang sudah menyempatkan waktunya berkunjung, membaca, dan meramaikan blog saya. Hehe.

      Sukses selalu buat agan Idham Habibi

      Delete
  20. Wkwkwk keren too. Lagek searching google, paling ndukur blogmu. Kueren pak. Forza JUVE :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, juve ketemu Munich iki nang champion. Mboh mbohan, wkwk. Skuad e bedo koyok sing tahun wingi.

      Heh, awakmu searching opo emang nang google kok metu blogku?

      Delete
    2. Hahahaha kalah too dino iki, bubuk 4-2 :(
      Aku kapanane arepe fgd nang coca cola too, akhire search tips fgd. Blogmu nang ndukur dewe, keren pak :D

      Delete
  21. Makasih untuk info.nya. Jadi terasa lebih aktual karena pengalaman pribadi. Hehe. Kebetulan minggi ini saya ada panggilan utk tahap FGD di sebuah perusahaan di jkt. Jadi ada bayanganlah.
    So thanks very much :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Atri. Terimakasih sudah mau menyempatkan mampir dan membaca blog saya yang sederhana. Sukses juga ya buat FGD-nya mbak Atri

      Delete
  22. nice info mas, kalau boleh tau selama pengalaman lgd pake full english atau tidak? soalnya saya mau lgd di coca cola nih.biar prepare, thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang full English, ada yang nggak. Tergantung perusahaannya waktu itu sih ya. Hehehe. Sukses ya buat LGD-nya.

      Delete
  23. Terima kasih banyak mas vitroh, keren banget tulisannya so inspiring hehe saya bala mas, jujur saya agak kesulitan nih mas ngadepin lgd/fgd terutama attitude, kalo boleh bisa berbagi contact person gak ya mas? Hehe line, bbm, atau wa mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lewat line juga kan? Haha. Oke deh. Sukses juga buat kamu ya Bala. Maaf baru sempet buka blog nih. Nggak taunya kamu komen di sini juga haha

      Delete
  24. selamat pagi mas vitroh,
    mohon infonya, apakah untuk lolos seleksi program MT/ODP harus punya pengalaman organisasi ?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Raymond. Salam kenal sebelumnya.

      Setahu saya nggak ada requirement khusus ya untuk pengalaman organisasi. Tapi kalaupun ada, itu akan lebih baik dan lebih menjual. Hehe

      Terimakasih kembali

      Delete
  25. Terima kasih.. Sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Ade Maya. Terimakasih juga telah berkenan berkunjung di blog saya yang sederhana

      Delete
  26. trims mas vitroh..BLOG ttg FGD ini sangat bermanfaat bwt sy yg awam apa itu FGD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya terimakasih mbak Bonie. Semoga sukses ya FGD-nya. Saya ikut medoakan.

      Delete
  27. Sama-sama mbak Bonie Mariam. Terimakasih juga telah berkenan berkunjung di blog saya yang sederhana

    ReplyDelete
  28. Mantap luarbiasa. Doaka saya besok pagi FGD. Semoga saya bisa mengaplikasikan

    ReplyDelete
  29. Kakak semua... Hari ini saya ada fgd.. Doakan saya lolos ya. Amin.
    Semoga tipsnya yang diatas bermanfaat.... Terimakasih :) Barakallah....

    ReplyDelete
  30. Terimakasih Mas artikelnya sangat membantu sekali buat saya yg akan menghadapi LGD di Kompas Gramedia. Doakan Saya semoga lolos tahap berikutnya. Sukses untuk kita semua, Aamiin.

    ReplyDelete
  31. ALhamdulillah nemu blog masnya. Jika berkenan, saya minta pin/wanya ke email saya, boleh ga mas ? Saya pejuang ojk tahun ini, tapi persiapannya minim... Semoga pengalaman mas, bisa membantu pejuang ojk tahun ini. :D

    ReplyDelete
  32. Bersyukur banget bisa menemukan blog dan artikel tentang FGD ini. Soalnya, saya sedang dalam tahap menunggu proses seleksi untuk suatu posisi di perusahaan Jkt. Kalau lolos, tahap selanjutnya adalah FGD ini, dan saya belum punya pengalaman sama sekali tentang FGD. Terima kasih untuk artikelnya, Mas Vitroh.

    ReplyDelete
  33. Terima Kasih, Sangat membantu artikelnya, semoga saya bisa mengimplementasikan tips dan trik nya dan llus hingga tahap akhir,amin ya allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Sukses selalu buat mbak Febri Ratna. Saya ikut mendoakan yang terbaik ya

      Delete
  34. Terima kasih mas vitroh artikel nya bagus dan bermanfaat bgt untuk saya yang akan menghadapi fgd...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Agung. Sukses buat FGD-nya mas Agung ya. Saya ikut mendoakan.

      Delete
  35. terimakasih banyak. sangat membantu (:

    ReplyDelete
  36. tulisannya sangat membantu. tips nya jg oke. jadi gw ada trawangan buat tes FGD senin bsok. makasih bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woke sis. Makasi uda mau berkunjung ke blog gw ya. Kabar2 kalo FGD lo sukses. Jangan lupa traktiran. Hahaha

      Delete
  37. Thanks Mas.... Insya Allah pagi ini sy akan ikut LGD. Wish me luck ya... Aamiin. Thx u.

    ReplyDelete
  38. Gorgeous Vito 😊😊😊 congratulation for ur successness ....

    Regards
    IG: ordinary.dr

    ReplyDelete
  39. terimakasih kak artikelnya sangat membantu. saya jadi punya bayangan tentang FGD :)
    saya mau tanya kak, kalau FGD usahakan kita yang maju mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya ya kak? apa itu dapat menambah poin plus juga dari pengawas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, jelas. Itu akan nambah poin inisiatif menurut saya. Jadi kalau memang anda pede ya maju aja. Anda merasa punya skill public speaking yang bagus ya hantam saja. Tapi kalau anda merasa lebih baik mengambil poin-poin yang lain ya mendingan nggak usah. Itu sih saran saya.

      Delete
  40. Alhamdulillah, ada pencerahan :) :)
    Terima kasih telah berbagi ilmu
    *Baca profil blognya, ternyata sejalan -ekonomisyariah-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantab! Sama-sama mbak Salma. Hehe iya nih mudah-mudahan kita bisa sama-sama istiqomah memperjuangkan Ekonomi Islam

      Delete
  41. keren banget, makasih atas pandangannya

    ReplyDelete
  42. Kemarin2 iseng daftar salah satu bank di jobfair, cuma sampe LGD aja. Habis baca artikel ini jadi tau kenapa nggak lolos ke tahap berikutnya. Salah satunya nggak nulis poin apa2 di kertas yg dikasih pengawas hehehe.

    Terimakasih mas, untuk tips dan triknya :) bekal buat FGD/LGD selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga sukses di LGD-LGD berikutnya. Saya ikut mendoakan. :)

      Delete
  43. Trimakasih min. tips & trik2ny sangat membantu..

    ReplyDelete
  44. Thanks you banget buat tips ya bang, mudah2an aku bisa lulus tes y,

    ReplyDelete
  45. Terimakasih mas
    Infonya sangat bermanfaat
    Saya jadi tau lebih lagi apa itu FGD
    Mudah2an saya lulus tes Kali ini. Amin

    ReplyDelete
  46. Terima kasih atas tulisannya..
    Sebelumnya saya tidak pernah tau ada tes FGD, tetapi besok saya akan mejalani tes
    Terima Kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  47. iiih sumpah keren banget ulasannya, bermanfaat banget mas makasih ya, inshaallah menjadi amalan yang gak terputus. btw salut bisa masuk OJK. saya juga kuliah di jurusan berbau pasar modal.. mas buat ulasan juga dong mas tentang berkarir di dunia pasar modal beserta saran dan lainnya. terimakasih mas Vitroh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin ya rabbal 'alamin. Terimakasih. Boleh nanti coba akan saya tulis ya hehe

      Delete
  48. Terima kasih mas vitrho atas blog yang bermanfaat ini, jujur sangat membantu saya dalam menjalani test fgd nantinya hehe.. ditunggu info info selanjutnya ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasih mas Lutfi sudah berkenan berkunjung di blog saya yang sederhana hehe

      Delete
  49. Thank you mas vitroh udh sharing tips and tricks FGD, sangat membantu utk kita2 yg lg mempersiapkan utk ikut FGD. Smg saya dan temen2 lainnya bisa lolos FGD. Once again, thank you mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Sama-sama mbak. Sukses juga ya buat mbak Sisil

      Delete
  50. Thanks banget bang vitroh. Awalnya gw gak pede karena beberapa hal, tapi dari artikel ini jadi lebih pede karena jadi ngerti ada lebih dari 1 hal buat nunjukin kemampuan, meski kata bang vitroh ini cuma perkiraan, tapi udah ngebantu banget. Doain ane lolos FGD gw ya bang hahahaha
    THANK YOU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe terimakasih mas. Semoga beneran bermanfaat ya. Sukses juga buat mas

      Delete
  51. terimakasih mas vitro, semua saran anda saya pakai untuk FGD PT.SM. minimal sudah 50% siap meski baru pertama kali FGD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas. Terimakasih juga sudah berkenan berkunjung di blog saya yang sederhana

      Delete
  52. Trimakasih bang vitro. Artikelnya membantu.

    ReplyDelete
  53. Terima kasih banyak bang Vitro, artikel anda sangat membantu, ;)

    ReplyDelete
  54. Terimakasih mas vitro artikel sodara sangat membantu.
    Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

    Insya allah berkah dan pahala tak terputus.

    ReplyDelete
  55. Replies
    1. Terimakasih mas Taufiq. Terimakasih juga udah komen yaaa. :)

      Delete
  56. sangat membantu sekali. makasih bang (jempol)

    ReplyDelete
  57. Terimakasih banyak mas vitroh udh sharing pengalaman, sangat membantu utk kita2 yg lg mempersiapkan utk ikut FGD.
    thank you mas :)

    ReplyDelete
  58. Mantaab jiwaa mass Broo
    Semoga bermanfaat ilmunya

    ReplyDelete
  59. Artikelnya sangat membantu, makasih mas ilmunya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  60. WAh...Keren Manfaat sekali buat yang lagi cari kerja, banyak yang nyangkut di FGD Mas...., Thanks informasinya.

    ReplyDelete
  61. Alhmdulillah nemu blog ini, makasih ya mas vitro jadi ada gambaran buat GFD besok. Mohon doanya saya bsk mau tes FGD Semen Indonesia

    ReplyDelete
  62. ada yang tahu id line nya mas vitroh? terimakasih

    ReplyDelete
  63. Terimakasih kak tips dan triknya

    ReplyDelete
  64. Artikel yg luar biasa mas,,
    Semoga bisa aku terapin kamis minggu ini,dan untuk sukses FGD-nya tidak harus menanti untuk jam terbang yg tinggi,hehehhhe,,
    Selalu berdoa and wish me luck :)

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Terimakasih ka, informasi yang bermanfaat, sukses terus buat ka vitroh :)

    ReplyDelete
  67. Saya kirim link artikel ini ke adek saya yang mau ada tes FGD..semoga bermanfaat buat adek saya dan bisa lolos...terima kasih buat penulis

    ReplyDelete
  68. Terima kasih sekali kak vitroh artikel nya bagus dan bermanfaat banget untuk saya yang akan menghadapi test LGD ODP di salah satu bank BUMN... semoga karir bisa nyusul seperti kakak, sukses selalu buat kakak...keren !!!

    ReplyDelete
  69. Thanks banget buat kak vitroh... jadi bikin saya lebih merasa PD dan ada gambaran... awalnya ngrasa gk PD krn saya bisa dibilang gak mudengan takut ngadepin LGD Buma... tp skrng sedikit ada gambaran....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ikut seneng ya dek. Sukses selalu

      Delete
  70. Sangatt membantuu, terimakasih mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ikut senang jika tulisan saya bermanfaat

      Delete
  71. Terimakasih mas, artikelnya sangat membantu. Saya setuju artikel-artikel tips and trick seperti harus lebih banyak ditulis oleh banyak orang. Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas. Komennya mantab! Sukses juga buat masnya

      Delete
  72. saya sedang akan menghadapi FGD, tulisan ini sangat membantu. Sy izin SS yah, buat sy baca berulang2.. 😊 doakan sy smg bisa lolos.

    ReplyDelete
  73. Penerangan yg sgt baik dan bermanfaat mas, gd luck sllu

    ReplyDelete
    Replies
    1. good luck juga mas. Makasi uda mampir dan komen ya

      Delete
  74. Terimakasih kak artikel nya bermanfaat sekali, terutama bagi yang baru pertama kali akan ikut FGD seperti saya.

    ReplyDelete
  75. terima kasih yaaa... sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses juga buat kamu, maaf jarang lihat blog hehe

      Delete
  76. Penjelasan sampean rinci sekali, juga meskipun ditulis 2015, tapi masih relevan sampai sekarang. Sangat berguna bagi freshgraduate yg gak ada pengalaman. Maturnuwun mas, mugi2 sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiin. Maturnuwun nggih dek malikuz zahir. Sukses selalu juga buat sampean. Semangat semangat!

      Delete
  77. thank you kakk insightful bangett tulisannya, kereen!! wish me luck for lgd session this week wkwkw

    ReplyDelete
  78. hallo, terimakasih yaa artikel nya bermanfaat bgt buat gambaran mengenai FGD,info yang dijelaskan juga sangat rinci. sukses yaa!!

    ReplyDelete
  79. Terima kasih ka untuk gambarannya semoga saya gak gugup dan bisa nerapin ini. Aamiin

    ReplyDelete