Laman

Monday, February 16, 2015

Doa Paling MAKNYUS guna Menghadapi Inteview dan Psikotes


Mesut Oezil says that the reason for the good game is that he reads Qur'an and pray before each match




Assalamu'alaikum warahmatullah wabarokatuh. Salam sejahtera bagi kita semua.

Wuaaah. Ada apa ini? Biasanya di tulisan-tulisan sebelumnya (Danone, OJK, FGD) nggak pernah tuh pake salam salam gitu. Hehehe. Yah, ini juga karena artikel kali ini khususon ilaa teman-teman yang muslim. Bagaimanapun do'a yang dibahas di sini memang hanya bisa diamalkan bagi mereka yang beragama Islam sebab lafal do'anya saja berbahasa arab. Hehe.

Yap, sebelum membahas apa sih sebenarnya doa paling MAKNYUS untuk membuat interview kita jadi sukses, aku pengen cerita dulu ya soal gimana sejarahnya aku bisa tahu tentang do'a ini. Boleh kan ya? Hehehe.

Jadi, dulu al-kisah disebutkan bahwa ayah dan ibuku ini lama tidak punya anak. Ini nyata bukan bualan bro. Sekitar 6 tahun lamanya nunggu aku mbrojol. Hahaha.

"Trus gimana mas ceritanya bisa muncul anak jelek kayak kamu ini?"
"Husss... walau jelek jangan ditulis ah. Malu dibaca banyak orang."

Resepnya ternyata datang dari seorang teman ayahku yang merekomendasikan seorang kiyai. Dia bilang insya Allah kiyai ini bisa memberi solusi dari masalah yang dihadapi ayah dan ibuku. Beliau bernama Pak Syafi'i yang bertempat tinggal di Pasuruan, Jawa Timur. Nah dari beliau lah akhirnya ayah ibuku diminta untuk mengumpulkan anak yatim kemudian beliau mengajak mereka berdo'a bersama. Atas izin Allah, dari ikhtiar tersebut lahir lah anak bernama Mohammad Vitrho Herinsyah Putra, yang sekarang terlihat subur bin gendut. Wkwkwk. (Dilarang ketawa, yang boleh ketawa cuma yang nulis!)

Sejak saat itulah maka setiap Hari Raya Idul Fitri kita sekeluarga mesti menyempatkan bersilaturahim ke rumah Pak Syafi'i. Ada saja selalu yang kita bicarakan di sana. Mulai dari keluarga, tetangga, pekerjaan, dan sebagainya. Nah kebetulan waktu hari raya tahun lalu (2014) bertepatan dengan musim paceklik panggilan kerja buatku. Emang ada ya musim kayak gitu? Ada aja lah. Dan ini nyata. Kamu bikin banyak lamaran. Masukin ke banyak perusahaan. Tapi nggak ada satupun yang nyantol. Stress? Hahaha. Sakitnya tuh di sini kaleeee.

Kebetulan karena momennya lagi berkunjung ke Pak Syafi'i maka aku sempatkan bertanya ke beliau apa ya kira-kira do'a untuk menghadapi tes-tes kerja agar dimudahkan untuk lolos dan diterima. Beliau dengan senang hati memberiku beberapa arahan. Pertama, agar dipanggil kerja baca 40 kali surat Al-insyirah setiap hari. Al-insyirah tau kan ya? Alam nasyroh itu lho rek. Kebacut tenan awakmu sampek ga ngerti. Wkwkwk.

Yang kedua untuk menghadapi interview baca sebanyak-banyaknya penggalan surat An-Naml (Surat ke-27 juz 19) yang bunyinya

Innahuu min sulaimaanaa, wa innahuu bismillahirrahmanirrahim. Alla ta'luu 'alayya wa' tuunii muslimin. (QS 27:30-31)

Yang artinya:
Sesungguhnya (surat) itu adalah dari Nabi Sulaiman dan sesungguhnya isinya adalah bismillahirrahmanirrahim atau dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang yang berserah diri.

Beliau melanjutkan arahannya. Bahwa bacalah do'a ini dengan lafadz arabnya. Sambil membaca do'a, bayangkan wajah yang diinterview. Niscaya nanti selama interview akan terasa rileks seperti ngobrol santai dan banyak tertawa bersama sang interviewer.

Wow wow wow. Impact-nya bro sebenarnya yang sangar. Sumpah. Aku nggak pernah membayangkan kalau nanti interviewku bakalan ketawa-ketawa bareng interviewer. Bisa lancar nggak ada hambatan, nggak kelihatan kaku dan ndredeg bin nervous aja udah syukur alhamdulillah. Apalagi sampai ketawa-ketawa. Tingkat dewa mah itu.

Tapi itulah yang terjadi kawan. Setelah dapat doa itu, aku print doa itu besar-besar di sebuah kertas dan aku tempel di kamar tidurku agar aku dapat mereviewnya setiap hari dan aku amalkan. Alhamdulillah dalam berbagai interview baik itu MT Star Danone, Otoritas Jasa Keuangan, BPS Pertamina, MT Garuda Indonesia, maupun ODP Mandiri semuanya diloloskan atas izin Allah. Aku juga nggak nyangkanya memang hampir dalam setiap proses interview, selain dilancarkan selalu ada selingan tawanya gitu deh. Hehehe.

Khusus Danone, bagi yang sudah pernah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Never Lose Your Hope: Perjuangan Lulus Rekrutmen MT Star Danone tentu bertanya-tanya.
"Ketawa dari mana to? Bukannya kamu dibantai habis-habisan ya waktu itu."
"Bisa kok ketawa. Momennya pas gini nih
'Apa yang kamu sukai dari kerja di Danone?'
'Saya suka sama budayanya pak.'
'Budaya yang mana?'
'Yang nggak terlalu formal gitu pak. Di sini kan sehari-hari kerja bisa pakai baju yang casual gitu pak. Itu yang saya senang.'
'Lah kamu sekarang kok pakai dasi sama hem gitu. Formal banget.'
'Oh ini sebenarnya saya nggak niat pakai dasi pak. Cuma karena melihat hem saya yang agak melar-melar sehingga bagian tengahnya agak kelihatan membuka gitu, saya malu pak. Makanya saya pakai dasi supaya nutup bagian tengah yang kelihatan melar ini pak. *sambil nunjuk*
'Ohhh gitu. Jadi kamu nyindir saya ya ini? (Kebetulan bapak user yang nanya juga gendut)'
'Hahahaha (ketawa bareng) nggak pak. Beneran ini karena saya yang gendutan.'

Sekarang kita masuk ke do'a psikotes. Pesan dari Pak Syafi'i menjelang psikotes di mulai perbanyak membaca

Laahaulaa wa laakuwwataa illa billaah.

Yang artinya:
Tiada daya dan kekuatan kecuali yang datangnya dari Allah SWT.

Sambil jangan lupa memiliki wudhu. Begitu saran beliau.

Oh ya jangan lupa juga pesen om Mario Teguh ini



Lho mas emang do'a-do'a dari Pak Syafi'i nggak termasuk bid'ah? Kan nggak ada tuntunannya itu mas. Nggak pernah dicontohkan oleh Rasulullah.
Baiklah izinkan saya menjawab pertanyaan tersebut dengan sebuah pertanyaan, adakah di jaman Rasulullah tes interview dan tes psikotes? Hehehehehehehehehe.

Sudahlah. Kalau anda mau mengamalkannya silahkan. Yang masih ragu saya juga tidak melarang. Yang menjudge ini bid'ah, langsung saja datang dan bersilaturahim ke Pak Syafi'i ya. Hehehe. Kalau mau saya ajak ke beliau, dengan senang hati saya akan memberi tahu alamat beliau. Tapi kontak saya dulu ya lewat

Email: mohammadvitrho@yahoo.com
Twitter: @MVitrho
Facebook: Mohammad Vitrho
Line: mohammadvito

Terimakasih untuk segenap pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini. Semoga artikel sederhana ini dapat memberikan manfaat yang tidak sederhana alias guedee buat kita semua. Kalau ada banyak kekurangan saya mohon maaf sebesar-besarnya.
'๐Ÿ˜‘

86 comments:

  1. Jazakumullah khair akhi bro, moga kebagian berkahnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin ya Rabb. Semoga doa yang baik dibalas dengan kebaikan pula Kang Eko

      Delete
  2. Assalamualaikum mas Vitrho, salam kenal
    Sangat mengisnpirasi membaca blog mas ini
    Oiy mas, bisa kasih tips g cara belajar B.ingris. soalnya g mungkin kan, dari semua yg pernah mas ikutin (MT Danone, OJK) pasti ada test B. inggris.
    Apakah mengikuti les atau belajar secara otodidak.
    Semoga berkenan untuk berbagi :)
    Sukses untuk kedepannya dan salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam Warahmah mas Rahmat Hidayat.

      Terimakasih banyak sebelumnya sudah menyempatkan waktu berkunjung, membaca, dan berkomentar di blog saya yang sederhana ini.

      Saya dulu pernah les bahasa Inggris semasa SMP. Di SMA pernah les EF langsung masuk kelas yang pre-Advance. Sampai di level Advance nggak saya selesaikan karena terbatasnya waktu saat itu. Selama kuliah saya nggak pernah les lagi.

      Di luar itu saya sering membaca artikel bahasa Inggris, atau nonton film dengan subtitle bahasa Inggris kemudian mencatat Vocabulary yang susah-susah. Saya cari di kamus arti kata Vocab tersebut dan mencatatnya dalam sebuah buku khusus yang saya namakan buku Vocabulary. Buku tersebut saya buka dan baca pada saat leisure time.

      Selain itu, untuk melatih pronunciation dan speaking, saya dulu sering latihan dengan Ibu saya yang kebetulan juga pensiunan pegawai perusahaan multinasional. Saya juga memberanikan diri untuk mengajak beberapa teman dekat saya untuk ngobrol dalam bahasa Inggris pada waktu-waktu tertentu.

      Delete
  3. Artikelnya sangat bermanfaat...
    Mungkin sekedar tambahan untuk para pembaca “Tips Ampuh Menghadapi Psikotest”
    http://tips-seo-marketing.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, skalian numpang promo nih bang? Haha :D

      Delete
  4. terimakasih banyak ilmunya buat saya yg fresh graduate ini,hehe.saya akan coba terapkan.sukses terus mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Saya senang jika artikel saya yang sederhana ini dapat bermanfaat khususnya untuk Mbak Familia. Saya dulu juga berjuang di medan pencarian kerja sebagai Fresh Graduate, sama seperti mbak Familia yang sekarang. Sukses juga untuk mbak Familia. Good luck. May Allah bless you always

      Delete
  5. Assalamualaikum, semoga doa2nya bisa sya pakai inshaa Allah beberapa bulan kedepan saya ada ujian sbmptn buat msuk kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warahmah Mbak Inci. Semoga sukses ya SBMPTN-nya. Saya ikut mendoakan

      Delete
  6. Assalamualaikum terimakasih amalannya kak, semoga bermanfaat bagi saya yang baru mau interview besok selasa. Doakan hasilnya memuaskan ya kak? Semoga allah membalas kebaikan anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warahmah. Sukses selalu ya buat kamu espeje. Ini bukan singkatan singkat padat dan jelas kan ya? Hahaha. Kidding

      Delete
  7. Assalammualaikum mas Vito, mas saya search id line mas koq gk nemu yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr. wb. Bisa kok mbak, di mohammadvito

      Delete
  8. Alhamdullilah setelah saya mengamalkan doa tersebut saya lolos interview yang pertama,saat ini saya akan melakukan interview dengan user terima kasih atas ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, saya ikut senang Mas Teguh. Semoga sukses ya di interview berikutnya.

      Delete
  9. Terima kasih Kak Vitroh atas ilmunya, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Sukses selalu ya buat kamu. Thanks udah mau berkunjung dan berkomentar di blog saya yang sederhana. :)

      Delete
  10. Assalamualaikum kak, tanggal 12 kemarin saya menjalani tes wawancara, sebelum nya saya telah membaca doa2 yang kakak sarankan terutama surat An-Naml,nah pas hari H nya pas di wawancara kok saya malah nangis gara2 grogi dan gak bsa jwb pertanyaan dr interviwer nyaa, itu gimana kak padahal saya kan sudah baca doa nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Kurang banyak kali baca doanya. Yang paling penting waktu interview juga adalah mental. Banyak-banyak latihan juga penting. Doa tanpa usaha hasilnya juga nihil

      Delete
  11. Replies
    1. Makan dari sumber yang halal, cari waktu-waktu mustajabah untuk berdoa, beramal baik sebanyak-banyaknya terutama puasa dan membaca Al-Qur'an, dan jangan lupa menyebut asma-Nya. Insya Allah mudah-mudahan segala doa cepat terkabul :)

      Delete
  12. Wow luar biasa bro ilmunya. Sangat bermanfaat, realistis, diambil dari sumber baku. Menuru saya, the best, lagi pula tak ada larangn.Semoga jadi amal sholeh sbg tambahan bekal nantinya. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Assalamuaikum, besok saya mau tes dan interview di sebuah bank swasta . saya akan mencoba saran dari mas vitroh ini . bantu doakan ya mas semoga berhasil . amiinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Amiiin. Iya bismillah. Saya doakan semoga sukses ya interviewnya. Maaf baru bisa balas. Hehe

      Delete
  14. Assalamualaikum, terima kasih atas ilmunya kak vitrho. Saya izin untuk mengamalkannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warahmah. Silahkan. Semoga bermanfaat. Terimakasih sebelumnya sudah mau berkunjung dan komen di blog saya yang sederhana

      Delete
  15. terimakasih smga saya bsa mengamalkan doa nya dan mengikuti langkah2 nua. smga saya lulus tes pt.kai doakan ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Saya ikut mendoakan untuk kesuksesan anda

      Delete
  16. terimakasih smga saya bsa mengamalkan doa nya dan mengikuti langkah2 nua. smga saya lulus tes pt.kai doakan ya mas.

    ReplyDelete
  17. Sangat bermanfaat smoga allah membuka rezekinya buat saya dan smua yang membaca artikel ini...amin ya robb
    M.vitroh makasih atas sarannya ya mas

    ReplyDelete
  18. Terimakasih om, teleh berbagi ilmu dan pengalaman nya,, smgga anda selalu diberikan kesehatan dan kemudahan setiap urusan nya,,
    Saya besoj mau test di pt. Djarum.
    Mohon doa nya ya om, smgga saya bisa diterima,
    Salam kenal ya om ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin. Saya ikut mendoakan ya mas Muhammad Rihda. Semoga ridho Allah juga selalu menyertai anda. Salam kenal juga :)

      Delete
  19. Assalamualaikum gan,doanya itu digunain buat ngalamat perusahaan yg kriteria kita kurang bisa nggak gan?misalnya ipk ku 3 perusahaan mintanya 3.25..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja gan. Cuma kalau memang kurang memenuhi syarat coba dicari yang sesuai dengan requirement saja saran saya.

      Delete
  20. terimakasih .. saya ijin untuk mengamalkannya mas :)

    ReplyDelete
  21. Mohon doanya mas Vitroh. Anak sy sedang menunggu hasil tes kerja utk tes berikutnya. Dan terimakasih mas Vitroh tlh berbagi ilmu dan pengalamannya.Doakan ya mas Vitroh semoga anak saya diterima kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin. Saya berdoa juga untuk kesuksesan anak Ibu. :)

      Delete
  22. Assalamualaikum mas, terima kasih atas ilmunya yaa semoga selalu bermanfaat.

    Maaf mas saya coba cri nama masnya di IG, saya sudah Follow mas. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Sama-sama. Saya sudah sangat jarang buka IG mas mohon maaf

      Delete
  23. Assalamualaikum izin mengamalkan ya
    Mudahan bisa di terimah kerja
    Amien ya Alloh

    ReplyDelete
  24. Di jaman Rasulullah memang tidak ada interview dan tes psikotes, Sebab interview dan psikotes adalah salah satu syarat yang harus dilalui untuk menjadi karyawan, dan ini adalah urusan dunia bukan urusan ibadah. Sebab tanpa interview dan psikotes pun shalat kita tetap sah.

    Contoh nya kita hendak masuk WC, agar aktivitas masuk WC bernilai ibadah maka kita membaca do'a sebelum masuk WC. Berdoa dengan lafazh Laahaulaa wa laakuwwataa illa billaah silahkan anda lakukan untuk pekerjaan apa saja yang penting halal dan berkah. Tetapi jika anda membaca Laahaulaa wa laakuwwataa illa billaah sebagai do'a masuk WC itu namanya bid'ah, sebab do'a masuk WC itu sudah ditentukan lafazdnya oleh Rasulullah dan kita tidak boleh menggunakannya selain yang diperintahkan meskipun do'a2 tesebut (Laahaulaa wa laakuwwataa illa billaah) adalah baik (menurut kita).

    Jika kita mengubahnya berarti kita telah lancang terhadap Allah dan Rasulnya karena telah membuat2 cara sendiri dengan menggati doa tersebut.

    Semoga pembaca blog ini tidak salah paham dan dapat membedakan mana bid'ah dalam urusan dunia dan mana bid'ah dalam urusan ibadah.

    Sudi kiranya mampir kesini:

    cara mengerjakan tes koran pauli atau kraepelin
    I Love Islam

    ReplyDelete
  25. Qobiltu mhn ijin mengamalkan ustadz

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum kak. Makasih tulisannya minggu depan mau ngelamar kerja aku mau terapin doa ini. Doakan smoga lulus ya kak.

    ReplyDelete
  27. Terima kasih mas atas tulisan nya yg sangat bermanfaat. Mohon ijin untuk mengamalkan

    ReplyDelete
  28. Assalamu'alaikum wr.wb maaf mas saya izin untuk mengamalkannya ya mas, sekalian minta doanya

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah dapet pencerahan, saya mau psikotes di Indorent. Semoga dapat lulus tes dengan maksimal. Aamiiin Allahuma aamiin ๐Ÿ˜‡ terima kasih ya mas

    ReplyDelete
  30. Terimah kasih, izin mengamalkan ilmunya.

    ReplyDelete
  31. Izin mengamalkan ilmunya ๐Ÿ™๐Ÿ™‚

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum , mohon ijin untuk mengamalkannya mas terimakasih .

    ReplyDelete
  33. bissmillah , semoga bermanfaat๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  34. Assalamualaikum. Pagi ini sambil nunggu interview direksi saya cari2 doa n mampirlah ke tulisan ini.. tiba2 minta ditunda sampai jam 2.. alhamdulillah jadi punya banyak waktu buat mengamalkan doa2 tersebut. Alhamdulillah baru aja selesai interview dan dari tadi kita cuma ngobrol santai yang kata org2 di perusahaan hati2 boss nya punya wawasan luas dan tegas... alhamdulillah klo kita udah berserah diri hanya ke Allah dilancarkan semua. Terima kasih banyak atas ilmunya. Barakallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika doa yang saya share bermanfaat, sukses selalu.

      Delete
  35. Mas, terima kasih banyak ilmunya. Benar-benar saya amalkan doa-doanya. Dan syukur alhamdulillah, saat itu juga saya di terima kerja.
    Semoga mas sehat selalu. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ikut seneng jika apa yang saya bagikan bermanfaat buat mas Rzd

      Delete
  36. Semoga bermanfaat utk semua, aamiin

    ReplyDelete
  37. Mas vitroh, hari selasa besok saya ada interview di perusahaan swasta, saya akan mengamalkan doa dr mas vitroh ini, doakan saya di terima kerja ya, karena saya betul2 sangat butuh kerjaan untuk membiayai hidup dan membayar banyak tagihan. Mohon bantu doanya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin semoga dilancarkan dan dimudahkan segala urusannya

      Delete
  38. Assalamualaikum mas.. izin mengamalkan semoga bermanfaat.. semoga psikotes dan interview saya berjalan dengan lancar dan semoga bisa ketrima atas izin Allah SWT aammiin Allahuma aammiin ๐Ÿคฒ

    ReplyDelete
  39. Assalamuallaikum mas.mohon izin doa utk kelancaran anak sy Andri Kusworo yg saat ini sedang tes interviu di Samator Gas Surabaya.smg di terima kerja aamiin

    ReplyDelete
  40. Qobiltu Mohon ijin untuk mengamalkan doanya semoga saya dilancarkan interview nya dan lolos karena ijin Allah SWT, terima kasih sudah berbagi kebaikkan semoga Allah membalas kebaikkan mas di dunia dan di akhirat Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amiiin. Terimakasih sebelumnya mbak Lala. Sukses selalu

      Delete